Gubri dan Wagubri Terima Gelar Adat Dari LAM Riau

Tokoh  SABTU, 06 JULI 2019 , 13:17:00 WIB | LAPORAN: AZMI KHAIRUL

Gubri dan Wagubri Terima Gelar Adat Dari LAM Riau

GELAR ADAT: Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersama Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menerima gelar adat di Balai Adat Melayu Riau, Pekanbaru, Sabtu (6/7/2019).

RMOLRiau. Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi bersama Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution, resmi menerima gelar adat setelah prosesi penabalan di Balai Adat Melayu Riau. Penabalan gelar adat tersebut juga disaksikan oleh para Datuk-Datuk Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR).

Sebelum prosesi penabalan, Gubri Syamsuar dan Wagubri Edy Natar diarak menuju gedung Balai Adat diiringi dengan kompang dan disambut dengan silat. Prosesi penabalan dimulai dengan pemasangan selempang, tanjak dan keris serta ditutup dengan tepuk tepung tawar.

Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Syahril Abubakar mengatakan, LAMR memang terbilang cukup cepat dalam memberikan gelar adat bagi Gubri dan Wagubri yang baru menjabat mulai Februari 2019 yang lalu. Hal itu dilakukan karena LAMR tidak meragukan lagi kemelayuan kedua pimpinan ini.

Dalam pidotanya Gubernur Riau Syamsuar didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

"Hari ini di Riau sudah memasuki musim kemarau, mari kita jaga marwah Melayu dan jaga negeri ini dari kebakaran lahan,". Syamsuar saat memberi sambutan usai terima gelar Datuk Seri Setia Amanah di Balai Adat LAM Riau, Sabtu (6/7/2019).

Pada kesempatan itu Syamsuar juga meminta pengurus LAM kabupaten/kota, serta bupati/walikota se-Riau untuk mengantisipasi agar tidak terjadi Karhutla.

"Saya harap bupati/walikota untuk menyampaikan kepada warganya, agar jangan membakar saat melakukan pengolahan lahan," ujar Datuk Seri Setia Amanah ini.

"Jangan sampai kejadian (kabut asap) seperti tahun-tahun sebelumnya," tutupnya. [izl]

Komentar Pembaca
SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00