Jalan Lintas Rengat-Tembilahan Longsor, Pemprov Riau Alokasikan 5 Miliar untuk Perbaikan

Daerah  RABU, 26 JUNI 2019 , 15:10:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Jalan Lintas Rengat-Tembilahan Longsor, Pemprov Riau Alokasikan 5 Miliar untuk Perbaikan

Ilustrasi

RMOLRiau. Dana darurat sebesar Rp5 miliar digunakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk pembangunan jalan lintas Rengat-Tembilahan yang longsor di Kecamatan Kualu Cenaku, Indragiri Hulu, beberapa waktu lalu. Hal itu karena untuk pembangunan jalan tersebut tidak teranggarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni 2019, sedangkan kondisi jalan sangat darurat.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, penggunaan dana darurat tersebut sudah bisa dilakukan dengan perubahan penjabaran di APBD-P karena dana itu sudah teranggarkan.

"Kemarin ada dana darurat sudah jalan. Tinggal kami mengubah pos dengan justifikasi tertentu," ucapnya, Rabu (26/6/2019).

Soal jumlah dana darurat yang sudah digunakan untuk pembangunan jalan itu, ia menyebut sekitar Rp5 miliar.

"Kalau tak salah sekitar Rp5 miliaran karena di sana ada pengalihan jalan dari pinggir sungai ke darat. Tapi untuk pengadaan lahannya bukan dari APBD, tapi dari sumber lain yang bisa dipertanggungjawabkan, bisa dari sumbangan atau kontribusi perusahaan," paparnya.

Tak hanya jalan, ia menyatakan bahwa Pemprov Riau pun bakal membangun turap di lokasi. Hal itu tak terlepas karena tidak ketersediaan dana di Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS), Kementerian PUPR.

"Dan kami sudah disurati, mereka minta bantu Pemprov untuk melaksanakan pembangunan turap itu karena mereka tak tersedia anggaran, sementara kondisi itu sudah darurat. Daripada jalan jatuh ke sungai dan memakan korban," tutupnya.(rzt)

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00