Kelola Alam dengan Benar, Membawa Berkah

Daerah  SENIN, 13 MEI 2019 , 15:36:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Kelola Alam dengan Benar, Membawa Berkah

Dirjen KSDAE Kemen LHK Ir Wiratno MSc saat memberikan pemaparan.

RMOLRiau. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Ir Wiratno MSc menyebutkan saat ini luas kawasan konservasi di Indonesia adalah 27,14 hektare dengan lebih 6.000 desa di dalamnya. Luasan kawasan konservasi itu seluas negara Inggris di Eropa.

Khusus di Riau, beberapa kawasan konservasi yang hutannya masih sangat bagus adalah Suaka Alam Rimbang Baling dan Taman Nasional Zamrud di Kabupaten Siak. "Mari kita kelola alam dengan benar, agar membawa berkah untuk kita semua," kata Wiratno.

Itu dikatakan Wiratno dalam acara Ngobrol Pintar (Ngopi) PWI Riau yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI di Kaliandra Room lantai 2 Gedung Graha Pena Riau, Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (13/5/2019).

Pada kegiatan Ngopi PWI Riau bertajuk "Konservasi Sumber Daya Alam Hayati" itu, juga tampil sebagai narasumber Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Ditjen Penegakan Hukum (Gakkum) LHK, KLHK Ir Sustyo Iriyono MSi dan Ketua Majelis Lingkungan Hidup Muhammadiyah Riau Dr Elviriadi SPi MSi.

Mengapa kawasan konservasi di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan, menurut Wiratno itu karena fungsi ekologinya yang sangat penting bagi manusia. Yaitu, potensi kehati sangat tinggi, sebagai perlindungan tata air, penyedia udara bersih dan untuk mencegah bencana alam.

"Mari kita bersama menjaga kawasan konservasi alam yang masih utuh, bersama mencegah terjadinya kerusakan dan mari bersama-sama melestarikannya," kata Wiratno.

Sementara itu Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang mengatakan, Ngopi PWI Riau-KLHK ini merupakan kegiatan yang ketiga. Dimana sebelumnya juga sudah dilaksanakan pada 8 April 2019 dan 22 April 2019 dengan tema yang berbeda. Begitu juga dengan narasumber, setiap Ngopi langsung disampaikan oleh Dirjen yang ada di Kemen LHk. Bahkan untuk Ngopi perdana langsung dihadiri Sekretaris Jenderal KLHK RI.

"Pada Ngopi yang ketiga ini kebetulan bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriyah, maka kita juga akan mengadakan acara buka puasa bersama yang diisi dengan tausiyah oleh Ustadz Dr Yudi Irwan ME Sy," sebut Zulmansyah.

Menariknya lagi, ungkap Zulmansyah, pada Ngopi PWI Riau-KLHK ketiga ini setiap peserta atau wartawan yang hadir akan mendapat bingkisan Ramadhan dan doorprize Tambahan Hari Raya (THR) untuk wartawan yang hadir. [izl]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00