Prof Akhmad Mujahidin Pertahankan UAS

Rektor UIN Suksa Riau Tegaskan UAS Aset Bangsa

Politik  RABU, 08 MEI 2019 , 10:52:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Rektor UIN Suksa Riau Tegaskan UAS Aset Bangsa

Ustaz Abdul Somad

RMOLRiau. Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyurati Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau, Prof Akhmad Mujahidin terkait pertemuan Ustaz Abdul Somad dengan calon presiden Prabowo Subianto beberapa waktu lalu.

Ustaz Abdul Somad (UAS) sendiri merupakan pegawai negeri sipil dan dosen di kampus UIN Suska Riau. Pertemuan UAS sendiri disiarkan di TVOne dan dimuat di media sosial.

Dalam surat KASN tersebut, Rektor UIN Suska Riau diminta untuk mengklarifikasi dialogi antara Ustaz Abdul Somad dengan Prabowo Subianto, apakah terdapat pelanggaran atas prinsip netralitas ASN. Kemudian hasil klarifikasi tersbeut disampaikan ke KASN paling lambat 14 hari setelah surat diterima. Dimana surat diterima pada 16 April 2019.

Rektor UIN Suska Riau, Prof Akhmad Mujahidin saat dilansir RMOLRIAU.COM tersebut tidak menampik pihaknya mendapat surat dari KASN perihal netralitas ASN, yang berkaitan dengan dialog Ustaz Abdul Somad dengan calon Presiden Prabowo Subianto.

"Ya, dalam surat itu kita diminta klarifikasi soal dialog Ustaz Abdul Somad dengan salah satu calon Presiden. Dan pada Senin kemarin kami sudah lakukan klarifikasi, hanya saja kami lost kontak dengan beliau Ustaz Abdul Somad karena yang bersangkutan sedang izin pendidikan S3 (doktor) di Sudan.  katanya, Selasa (7/5/2019).

"Memang secara administrasi beliau itu (Ustaz Abdul Somad) sedang S3 di Sudan. Mungkin karena sedang studi itu beliau tak bisa dikontak, karena banyak praduga kalau di luar negeri, WA nya gak aktif atau bagaimana kita tak tahu," paparnya.

"Saya sebagai pejabat tata negara diperintahkan KASN untuk melakukan klarifikasi, kita sudah dilakukan klarifikasi. Cuma (hanya) belum bisa dihubungi," pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Suksa, Prof Akhmad Mujahidin menegaskan tidak ada niatan untuk memecat UAS dari dosen. Menurutnya dia akan mempertahankan UAS.

"Tidak mungkin kita memberhentikan UAS. Beliau aset bangsa. Saya tegaskan kita tidak ada katapun mengusulkan pemberhentian UAS. Masalah dia memilih sapa, itu ranah privatnya. Dia kan lagi cuti saat itu (saat bertemu Capres Prabowo)," tutupnya. [izl]

Komentar Pembaca
SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00