OPD Se-Pekanbaru Bersaing Inovasi di Krenova 2019

Daerah  KAMIS, 02 MEI 2019 , 09:33:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

OPD Se-Pekanbaru Bersaing Inovasi di Krenova 2019

Perwakilan dari Disdik Kota Pekanbaru menampilkan inovasi "Si Mas: Sistem Informasi Manajemen Surat" Dalam Krenova 2019.

RMOLRiau. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersaing memaparkan temuan inovasi dalam Penilaian Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Masyarakat dan OPD Kota Pekanbaru 2019 di Lantai 3 Gedung Bappeda Kota Pekanbaru, Kamis (2/5/2019).

OPD yang berkompetisi antara lain  Dinas Pendidikan Pekanbaru, yang menampilkan "Si Mas" yang merupakan singkatan dari "Sistem Informasi Manajemen Surat". Ada juga Dinas Ketahanan Pangan yang menampilkan "Puan Berseri", singkatan dari "Pemasaran Usaha Pangan Bersama Sevara Lestari."

Dari Rumah Sakit Daerah (RSD)  Madani Pekanbaru menampilkan "Sitampan Tuan Madani," sebuah inovasi yang merupakan singkatan dari "Aplikasi Tempat Mengadu Pelanggan dan Mutu Layanan RSD Madani". Selain itu, dari Dispora, Diskominfo, Dinas Pemadam Kebakaran, Dishub, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Pertanahan ikut berkompetisi dalam Krenova 2019 Kota Pekanbaru.

Penilaian Lomba Krenova 2019 khusus OPD se-Kota Pekanbaru ini dinilai oleh tujuh juri, terdiri dari Anjar Prasetyo sebagai Ketua Tim Juri yang sehari-hari adalah pejabat dari Balitbang Kota Magelang, Bekti Putri Harwijayanti dari Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai Sekretaris dengan anggota tim penilai adalah Asrori dan Hotnier Sipahutar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Evy Rossi dari Fakultas Pertanian Universitas Riau,  Tengku Harunur Rasyid dari Balitbang Provinsi Riau dan Zulmansyah Sekedang dari PWI Riau.

Ketua Tim Anjar Prasetyo menjelaskan, terhadap pemaparan inovasi OPD, ada lima kriteria yang dinilai yakni inovasi OPD, kemanfaatan, dukungan pelaksanaan, keberlanjutan dan proses replikasi serta penguasaan materi.

"Unsur inovasi, khususnya kebaruan temuan dan peningkatan produktivitas, menjadi bobot penilaian yang paling tinggi dalam penilaian Lomba Krenova 2019," jelas Anjar.

Sebelumnya, Kepala Balitbang Kota Pekanbaru H Yusrizal menjelaskan,  Lomba Krenova 2019 ini secara administrasi sebanyak 68 peserta yang mendaftar, namun hanya 38 peserta dari masyarakat dan OPD yang diundang presentasi dihadapan tim penilai.

"Krenova ini salah satu program prioritas di Balitbang Kota Pekanbaru. Lomba ini kegiatan perdana dan kita bersyukur masyarakat dan OPD antusias mengikuti Lomba Krenova ini," kata Yusrizal seraya menyebutkan kegiatan ini dijadwalkan akan diselenggarakan setiap tahun.

Sementara itu Kasubid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Balitbang Pekanbaru, Yudi Adrian menjelaskan, lomba Kreanova 2019 ini diharapkan mampu menumbuh-kembangkan jiwa inovasi pada masyarakat, termasuk pengusaha, mahasiswa, pemuda, serta pemerintah daerah. Sekaligus juga lomba ini untuk menciptakan dan meningkatkan daya saing masyarakat yang akhirnya membantu mewujudkan Kota Pekanbaru Smart City Madani, sesuai dengan Visi Kota Pekanbaru. [izl]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00