Ada "Drakula" di Krenova 2019 Pekanbaru

Pendidikan  SELASA, 30 APRIL 2019 , 09:31:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Ada

Salsa Nabila menampilkan inovasi "Drakula"

RMOLRiau. Hari kedua penilaian Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Masyarakat dan OPD Kota Pekanbaru di Lantai 3 Gedung Bappeda Kota Pekanbaru, Selasa (30/4/2019), dibuka dengan pemaparan "Drakula", yang merupakan singkatan dari "Dorayaki Biji Ketapang dan Alpukat; Inovasi Camilan Sehat Tinggi Protein Menuju Remaja Indonesia Bebas Gizi Buruk."

Siswi MAN 1 Pekanbaru, Salsa Nabila Rehalat, tampil semangat memaparkan inovasi "Drakula" temuannya. "Dalam satu gram drakula terdapat 12.40 persen protein, yang merupakan zat utama yang diperlukan oleh remaja untuk membantu pertumbuhan tulang dan otot," jelas Salsa.

Selain untuk pertumbuhan tulang, kata Salsa, drakula temuannya juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung metabolisme tubuh.

Sebelum Salsa, berapa siswa MAN 1 Pekanbaru juga sudah tampil dalam Krenova 2019. Diantaranya Vadia Stephani dan Abel Apriliya Putri yang menampilkan "Aplikasi Fooder sebagai Solusi Order Cepat Masa Kini" serta Muhammad Fayza dan Izla Shaumul Fath yang menampilkan "Instant Refill Marker sebagai Produk Guna Efisiensi dalam Pengisian Ulang Tinta Spidol."

Kepala Balitbang Kota Pekanbaru H Yusrizal menjelaskan,  Lomba Krenova 2019 ini secara administrasi sebanyak 68 peserta yang mendaftar, namun hanya 38 peserta dari masyarakat dan OPD yang diundang presentasi dihadapan tim penilai.

"Krenova ini salah satu program prioritas di Balitbang Kota Pekanbaru. Lomba ini kegiatan perdana dan kita bersyukur masyarakat dan OPD antusias mengikuti Lomba Krenova ini," kata Yusrizal seraya menyebutkan kegiatan ini dijadwalkan akan diselenggarakan setiap tahun.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Krenova 2019 Pekanbaru ditunjuk Anjar Prasetyo yang sehari-hari adalah pejabat dari Balitbang Kota Magelang. Mendampingi Anjar Prasetyo, ditunjuk Bekti Putri Harwijayanti dari Poltekkes Kemenkes Semarang sebagai sekretaris. Sedangkan anggota tim penilai adalah Asrori dan Hotnier Sipahutar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Evy Rossi dari Fakultas Pertanian Universitas Riau,  Tengku Harunur Rasyid dari Balitbang Provinsi Riau dan Zulmansyah Sekedang dari PWI Riau.

Sementara itu Kasubid Inovasi dan Pengembangan Teknologi Balitbang Pekanbaru, Yudi Adrian menjelaskan, lomba Kreanova 2019 ini diharapkan mampu menumbuh-kembangkan jiwa inovasi pada masyarakat, termasuk pengusaha, mahasiswa, pemuda, serta pemerintah daerah. Sekaligus juga lomba ini untuk menciptakan dan meningkatkan daya saing masyarakat yang akhirnya membantu mewujudkan Kota Pekanbaru Smart City Madani, sesuai dengan Visi Kota Pekanbaru. [izl]

Komentar Pembaca
SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00