Mahasiswa PCR Paparkan Penemuan Alat Antisipasi Maling di Krenova 2019

Pendidikan  SENIN, 29 APRIL 2019 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: AZMI KHAIRUL

Mahasiswa PCR Paparkan Penemuan Alat Antisipasi Maling di Krenova 2019
RMOLRiau. "Si Abang Seger" tampil perdana dalam penilaian Lomba Kreativitas Inovasi (Krenova) Masyarakat dan OPD Kota Pekanbaru, Senin (29/4/2019). Si Abang Seger adalah singkatan dari Aplikasi Keamanan Bangunan-Sensor Gerak Berbasis IoT.

Alumnus Politeknik Chevron Rumbai (PCR), Bidiana Zhazta, memaparkan produk temuannya. "Produk ini untuk mengantisipasi maling dengan sensor panas tubuh manusia. Jadi kalau ada orang masuk ke rumah, gedung atau bangunan yang sudah dipasang Si Abang Seger, langsung kontak ke handphone pemiliknya. Jadi pemiliknya bisa langsung tahu kalau propertinya dimasuki oleh orang lain," jelas Bidiana.

Selain Bidiana, juga tampil mahasiswa PCR lainnya, Trifandi Wibowo dan Rommy Haris Winanda yang menampilkan "Alat Uji Emisi Radiasi Elektronika". Setelah itu, berturut-turut tampil dua siswi MAN 1 Pekanbaru, yakni Vadia Stephani dan Abel Apriliya Putri yang menampilkan "Aplikasi Fooder sebagai Solusi Order Cepat Masa Kini" serta dua siswa MAN 1, Muhammad Fayza dan Izla Shaumul Fath yang menampilkan "Instant Refill Marker sebagai Produk Guna Efisiensi dalam Pengisian Ulang Tinta Spidol."

Sebelumnya, Kepala Balitbang Kota Pekanbaru H Yusrizal menjelasjan,  Lomba Krenova ini secara administrasi sebanyak 68 peserta yang mendaftar, namun hanya 38 peserta dari masyarakat dan OPD yang diundang presentasi dihadapan tim penilai.

"Krenova ini salah satu program prioritas di Balitbang Kota Pekanbaru. Lomba ini kegiatan perdana dan kita bersyukur masyarakat dan OPD antusias mengikuti Lomba Krenova ini," kata Yusrizal seraya menyebutkan kegiatan ini dijadwalkan akan diselenggarakan setiap tahun.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Krenova 2019 Pekanbaru ditunjuk Anjar Prasetyo yang sehari-hari adalah pejabat dari Balitbang Kota Magelang.

Selain Anjar Prasetyo, Tim Penilai Lomba Krenova adalah Sekretaris Bekti Putri Harwijayanti dari Poltekkes Kemenkes Semarang. Sedangkan anggota tim penilai adalah Asrori dan Hotnier Sipahutar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  Evy Rossi dari Fakultas Pertanian Universitas Riau,  Tengku Harunur Rasyid dari Balitbang Provinsi Riau dan Zulmansyah Sekedang dari PWI Riau. [izl] 

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00