Mahasiswa dan Aktivis Digandeng Bawaslu Pekanbaru Awasi Pemilu 2019

Politik  RABU, 03 APRIL 2019 , 18:56:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Mahasiswa dan Aktivis Digandeng Bawaslu Pekanbaru Awasi Pemilu 2019

Ilustrasi

Rmolriau. Elemen mahasiswa dan aktivis digandeng oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru untuk terjun dalam pengawasan Pemilu 2019. Sebab, pengawasan pemilu tidak dapat sepenuhnya dibebankan kepada Bawaslu yang memiliki banyak keterbatasan, khususnya terkait personel. Karena itu, perlu ada kerja sama dengan banyak pihak, termasuk mahasiswa. 

Pada Rabu (3/4/2019) pagi, Bawaslu Pekanbaru mengadakan kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif bagi Masyarakat Kota Pekanbaru demi mewujudkan pengawasan Pemilu yang berkualitas. Puluhan perwakilan mahasiswa dan aktivis kampus di Pekanbaru hadir dalam kegiatan yang digelar di Grand Elite Hotel Pekanbaru tersebut.

Menurut Anggota Bawaslu Kota Pekanbaru, Yasrif Yakub Tambusai, dalam kegiatan itu dipaparkan soal pentingnya pengawasan dalam pelaksanaan pemilu. Adapun pengawasan dilakukan untuk memastikan pemilu berjalan dengan baik.

Di samping itu, Yasrif pun menyampaikan sejarah pengawasan pemilu sejak Orde Baru hingga saat ini, termasuk tupoksi Bawaslu, yakni dari pencegahan, pengawasan, dan penindakan.

"Pemilu memiliki kerawanan-kerawanan yang bisa mengganggu jalannya pemilu. Untuk itu, perlu ada yang mengawasi," tuturnya.

Ia menerangkan, sejumlah kerawanan yang muncul, antara lain, munculnya praktik politik uang, hilangnya hak pilih, manipulasi suara, hilangnya kepercayaan, dan lain-lain. Karena itu, Bawaslu mengajak agar masyarakat khusunya mahasiswa dapat ikut serta aktif melakukan pengawasan.

"Ini agenda moral kami bersama. Mahasiswa harus jadi pelopor untuk melenyapkan politik uang sudah membudaya. Caranya dengan menciptakan budaya baru yang bersih," tuntasnya.(rzt)

Komentar Pembaca
SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00