PWI Riau Adakan Pelatihan Jurnalistik serta Uji Kompetensi Wartawan

Pendidikan  KAMIS, 21 MARET 2019 , 13:15:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

PWI Riau Adakan Pelatihan Jurnalistik serta Uji Kompetensi Wartawan

Pemukulan Gong oleh Perwakilan SKK Migas Tanda Acara Resmi Dibuka

RMOLRiau. Wartawan di Riau dalam melakukan tugas jurnalistiknya, harus bisa membedakan kegiatan hulu dan hilir minyak dan gas. Pembedaan iniĀ  penting diketahui karena instansi yang menanganinya berbeda. Demikian pula kegiatannya berbeda.

Hal itu disampaikan Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang saat pembukaan Pelatihan JurnalistikĀ  Wartawan Migas serta Uji Kompetensi Wartawan kerja sama SKK Migas dengan PWI Riau, Kamis (21/3/2019) di Hotel Grand Elite. Turut hadir Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Avicenia Darwis yang diwakili Kepala Departemen Humas Evi Yanti dan Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman. Ikut pula para perwakilan manajemen perusahaan mitra K3S yang ada di Riau.

Tidak jarang, kata Zulmansyah wartawan salah melakukan konfirmasi ketika ada suatu peristiwa atau kejadian. "Misalnya ada pipa minyak yang mengeluarkan api, konfirmasinya ke instansi yang berbeda. Jadi nanti oleh narasumber akan dijelaskan secara rinci tentang kegiatan hulu dan bagaimana perkembangan terkini migas di industri hulunya," ujar Zulmansyah.

Dalam kesempatan itu, Zulmansyah berharap agar para mitra memberikan pelayanan yang baik kepada wartawan dengan penjelasan informasi yang diperlukan. Jika informasi tersebut sifatnya tertutup dan tidak untuk dipublikasikan para mitra bisa menyampaikab off the record.

"Dalam kode etiknya, wartawan harus menghormati bagian informasi yang dinyatakan off the record. Teman-teman mitra juga bisa menggunakan hak embargo terhadap suatu pemberitaan. Arti embargo itu adalah meminta waktu penundaan publikasi sampai mitra bisa mendapatkan informasi yang tepat atau sahih," ujar Zulmansyah.

Kerja sama pelatihan dan uji kompetensi menurut Evi Yanti yang membacakan sambutan Kepala Perwakilan adalah sebagai wujud komitmen SKK untuk meningkatkan kualitas pengetahuan wartawan khususnya di bidang migas. Juga untuk membantu para wartawan memiliki sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi.

"Ini merupakan kelanjutan kerja sama yang sudah lama terjalin dan berjalan dengan baik. Kami meminta bantuan teman-teman wartawan untuk dapat mempublikasikan informasi SKK Migas dan kegiatan rekan-rekan K3S seperti program social responsibility yang dilakukan perusahaan," kata Evi.(izl)

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00