Dua Flyover di Resmikan

Jembatan Siak IV Pekanbaru Diresmikan

Daerah  KAMIS, 14 FEBRUARI 2019 , 17:55:00 WIB | LAPORAN: AZMI KHAIRUL

Jembatan Siak IV Pekanbaru Diresmikan
RMOLRiau. Walikota Pekanbaru Firdaus, turut bangga dengan telah diresmikannya Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dan dua Flyover di Kota Pekanbaru. Orang nomor satu di Pekanbaru ini berharap, agar jembatan Siak IV dan dua Flyover bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi.

Alhamdullilah, akhirnya baik jembatan Siak IV dan dua Flyover di Pekanbaru telah diresmikan oleh Gubernur Riau. Semoga dengan peresmian tadi, nantinya keberadaan Flyover dan Jembatan Siak IV bisa mengurai kemacetan dan tumbuhnya perekonomian,” katanya, Kamis (14/2/2019).

Firdaus mengatakan, dirinya memiliki sejarah spesial tentang sejarah awal dibangunnya jembatan Siak IV tersebut.

Jembatan Siak IV itu digagas oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas PU Provinsi Riau, pada tahun 1990-an. Pradesign-nya mulai disusun diawal tahun 1990, namun hingga tahun 2000, ide-ide pra design tadi hanya sampai pada pra design saja, tidak sampai ke detail design, apalagi implementasi,” ujarnya.

Masih kata Firdaus, di awal tahun 2000-an, semasa dirinya menjadi Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan, Ia meminta izin kepada Kepala Bidang dan Kepala Dinas untuk mengubah design jembatan Siak IV tersebut.

Dari pra design sebelumnya yang sudah digagas 10 tahun lamanya, menjadi design yang seperti sekarang yang menurut kami saat itu adalah design landmark Kota Pekanbaru atau lambang yang mengacu pada lambang daerah kita, yaitu Lancang Kuning yang sedang terkembang,” cakap Firdaus mengenang.

Dilanjutkan Firdaus, setahun berikutnya yakni tahun 2001, Ia bersama tim mulai mengangsur melakukan design terhadap rencana pembangunan jembatan tersebut. Hanya saja, design yang dilakukan pihaknya bersama tim ternyata tidak diimbangi dengan implementasi pengerjaan fisik di lapangan, sehingga akhirnya Firdaus menjadi kepala Dinas PU Provinsi Riau pada tahun 2008.

"Jadi begitu ceritanya. Tahun 2001 kami yang mulai mendesignnya, tapi tahun 2008 baru bisa dikerjakan, dan itupun karena kebetulan juga Kepala Dinas PU Provinsi Riau tahun 2008 adalah Firdaus,” kenangnya.

Secara pribadi, Wali Kota merasa bahagia dan sangat senang atas selesainya pembangunan jembatan Siak IV.

Sebagai Kepala Daerah dirinya merasa bangga dan berterimakasih karena dengan berfungsinya jembatan tersebut, Insyaallah ini akan memberikan percepatan pembangunan daerah,” pungkasnya. [izl]

Komentar Pembaca
SD Islam Raudhah Juarai Lomba Siap-siap Aku Bisa
Bahas Kinerja KY

Bahas Kinerja KY

KAMIS, 22 MARET 2018 , 11:26:00

Menilik Calon Poros Ketiga

Menilik Calon Poros Ketiga

JUM'AT, 23 MARET 2018 , 15:58:00