Sebanyak 110 Wartawan PWI Riau Hadiri HPN 2019 di Surabaya

Daerah  MINGGU, 03 FEBRUARI 2019 , 17:35:00 WIB | LAPORAN: BOY RIZA UTAMA

Sebanyak 110 Wartawan PWI Riau Hadiri  HPN 2019 di Surabaya

Suasana pelepasan delegasi HPN PWI Riau.

RMOLRiau. Sekretaris Daerah Riau H Ahmad Hijazi mewakili Gubernur Riau, melepas 110 wartawan yang tergabung dalam PWI Riau dan IKWI Riau menuju hajatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Surabaya, Jawa Timur, 6-10 Februari akan datang. Pelepasan 110 wartawan tersebut diawali dengan coffe morning dan sarapan bersama di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Ahad (3/2/2019) pagi.

Ikut mendampingi Sekdaprov Riau antara lain Asisten I Setdaprov Riau H Ahmad Syah Harrofie, Kepala Biro Humas dan Protokol H Firdaus serta Plt Kepala Dinas Kominfo Riau.

Awal sambutannya, Hijazi menyampaikan permohonan maaf dari Gubri karena tak dapat hadir melepas rombongan PWI Riau ke Surabaya, disebabkan kondisinya belum sehat akibat kelelahan. ''Pak Gubri saat ini harus istirahat karena kondisinya yang kurang sehat,'' katanya.

Atas nama Pemprov Riau, kata Sekda, dirinya mengucapkan selamat berangkat ke Surabaya dan diingatkan menjaga nama baik daerah selama mengikuti HPN. Apalagi dalam HPN banyak kegiatan, ada kegiatan sosial, olahraga, konvensi media, seminar dan sebagainya, wartawan PWI diingatkan untuk mengikutinya dengan baik dan sungguh-sungguh.

Sekda juga menyebutkan, kerjasama dengan wartawan di PWI Riau yang sudah baik hendaknya dapat terus terjaga."Bagi kami, wartawan PWI bukan hanya mitra atau partner. Tapi juga sekaligus konsultan gratis dalam berbagai hal," kata Sekda.

Sementara Ketua PWI Riau, H Zulmansyah Sekedang menjelaskan, rombongan delegasi PWI Riau yang akan mengikuti rangkaian HPN di Surabaya yang mendaftar sebanyak 110 orang. Keberangkatan rombongan dibagi tiga gelombang. Gelombang pertama pada 5 Februari, kemudian 6 Februari dan terakhir 7 Februari.

''Tanggal 5, atlet wartawan yang tergabung dalam SIWO PWI berangkat 20 orang. Mereka nantinya mengikuti turnamen futsal dan biliar. Tim futsal PWI Riau dan tim biliar ini juga mengharumkan nama Riau, karena pada Porwanas di Bandung, Jabar, berhasil memperoleh medali,'' jelas Zulmansyah.

Berikutnya, rombongan delegasi PWI Riau berangkat sekitar 40 orang dan terakhir sekitar 50 orang. Semuanya akan mengikuti berbagai rangkaian HPN 2019 Surabaya. "Delegasi PWI Riau ini adalah salah satu rombongan terbesar dalam memperingati HPN," kata Zulmansyah.

Ketua SPS Riau ini juga menambahkan, saat ini sudah banyak program-program PWI yang digelar untuk mendukung program Pemprov Riau. Diantaranya program melawan berita hoax (bohong), program publikasi dan promosi pariwisata Riau dan sebagainya.

''Melawan berita bohong, sudah dilakukan PWI Riau sosialisasi dan edukasi bersama konstituen dewan pers di Riau di sejumlah sekolah yabg ada di Pekanbaru dan Siak. Kalau promosi pariwisata, selain dalam pemberitaan, pengurus PWI setiap ke luar daerah, bahkan keluar negeri, seperti ke Cina, Hong Kong, Korea Selatan, Thailand, dan Malaysia selalu mempromosikan pariwisata Riau. Tak lupa dalam promosi pariwisata, kami selalu memakai tanjak sebagai identitas diri dari tanah Melayu,'' ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua HPN Riau A Kadir Bey melaporkan, HPN 2019 ada dua agenda kegiatan besar yang akan diikuti wartawan PWI Riau. Satu kegiatan HPN yang diselenggarakan di Surabaya dan satu lagi agenda HPN 2019 yang diselenggarakan di Riau.

Untuk rangkaian HPN di Riau sudah empat kegiatan terlaksana yaitu kegiatan sosial berupa PWI Riau peduli dan berbagi, donor darah wartawan, Ping Pong PWI Riau Cup dan Domino PWI Riau Championship. "Khusus donor darah, target PWI Riau terkumpul 73 kantong sesuai dengan usia HUT tahun ini. Tapi di lapangan, terkumpul 81 kantong darah, melebihi dari target yang direncanakan," katanya.

Sementara agenda nasional, HPN 2019 Surabaya, ini pertama dalam sejarah PWI Riau mengirimkan lebih 100 wartawan. Seperti mengirimkan wartawan mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas). "Kami berterimakasih atas dukungan Pemprov Riau serta mitra-mitra PWI lainnya terutama SKK Migas dan KKKS-nya," kata Kadir. [rls]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00