Punya Hobi yang Sama

Mantan Bupati Kampar Berbagi Pengalaman Berkebun kepada Gubernur Riau

Politik  KAMIS, 31 JANUARI 2019 , 18:57:00 WIB | LAPORAN: SAMSUL

Mantan Bupati Kampar Berbagi Pengalaman Berkebun kepada Gubernur Riau

Dari kiri ke kanan, Gubri Wan Thamrin Hasyim, Jefry Noer dan istri.

RMOLRiau. Mantan Bupati Kampar Jefry Noer, yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon anggota DPD RI ini, berkebun dan bercocok tanam adalah sebuah kenikmatan.

Maka tidak heran, jika ia terus menekuni kegemarannya berkebun itu hingga sekarang. Apa lagi selain pelepas penat, hobinya itu juga bernilai bisnis dan menjanjikan.

"Berkebun itu membuat suasana hati kita senang dan tenang. Nengok tanaman tumbuh subur aja sudah senang sekali hati kita dibuatnya. Apa lagi pas panen nanti," kata Jefry Noer disela-sela waktu luangnya saat menemani Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim berkeliling di area kebunnya yang berada di kawasan kampung wisata Tiga Dara Hotel and Resort, Kubang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Kamis (31/1/2019).

Di atas lahannya yang luas itu, Jefry menanam ribuan pohon kurma, jambu, kelengkeng, aren, markisa dan beberapa buah lainnya. Tidak hanya sekedar menanam, Jefry juga mengembangkan bibit-bibit dari tanaman tersebut.

 "Kalau di sini, saya buat pusat bibit-bibit tanaman dan buah-buahan. Kalau di lahan Sungai Pinang, saya menanam singkong dan pepaya," cerita Jefry.
Dari hasilnya menanam singkong tapioka itu, Jefry bisa menghasilkan Rp40 juta hingga Rp60 juta per hektare sekali panen setiap sembilan bulan.

Sedangkan, hasil tanaman pepaya setiap minggunya bisa menghasilkan Rp30 juta per hektarenya. Bahkan, tidak perlu menunggu setiap minggu, pepaya yang ditanamnya ini juga bisa dipanen setiap hari.

Di mana, setiap harinya banyak pedagang dan masyarakat yang berebut untuk membeli pepaya miliknya itu. Biasanya, buah pepaya yang dibeli langsung di tempat akan dijual seharga Rp3.500 per buah.

"Menanam pepaya itu enak, setiap hari bisa panen kalau sudah berbuah. Diakumulasi setiap bulannya, pepaya saya itu bisa menghasilkan delapan ton. Kalau dihitung uangnya, sekitar Rp30 juta per hektare per minggu. Umur tanaman pepaya ini juga bisa bertahan selama lima tahun," kata Jefry.

Mendengar cerita pengalaman Jefry Noer bercocok tanam itu, Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim pun semakin tergiur. Apa lagi, Wan Thamrin yang sebentar lagi akan memasuki akhir masa jabatannya sebagai Gubernur Riau pada 19 Februari ini, memang memiliki hobi berkebun sejak dulu.

"Saya juga suka berkebun. Di belakang rumah saya itu banyak tanaman buah-buahan yang saya rawat. Saya pun tadi memang niat banget main-main ke sini untuk melihat langsung. Setelah melihat langsung tanaman pak Jefry Noer ini, memang mantap," kata Wan Thamrin. [izl]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00