Lima Daerah Se-Riau Darurat Banjir, Plt Gunri Pimpin Rapat

Daerah  JUM'AT, 30 NOVEMBER 2018 , 11:07:00 WIB | LAPORAN: ARI BORIEL

Lima Daerah Se-Riau Darurat Banjir,  Plt Gunri Pimpin Rapat

ilustrasi

RMOLRiau. Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim akan memimpin rapat persiapan menghadapi banjir dan longsor  Pagi ini Jumat (30/11/18) . Sakah satu keputusan yang akan dikeluarkan adalah penetapan Riau sebagai daerah siaga darurat banjir dan longsor.

Penetapan status siaga darurat banjir dan longsor ini dilakukan setelah Riau tidak lagi terkena musibah kebakaran hutan dan lahan. Dan boleh dibilang Karhutla sudah minim karena sudah masuk musim penghujan.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, bahwa penetapan status siaga darurat banjir itu akan ditetapkan setelah pencabutan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), pada Jumat (30/11/18).

''Pertimbangan dalam penetapan status siaga darurat banjir ini karena sudah ada lima daerah se-Riau yang sudah menetapkan status sama," kata Edwar Sanger di Pekanbaru, Jumat (30/11/18).

Adapun lima daerah yang sudah menetapkan status tersebut, diantaranya Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil), Kuantan Singingi (Kuansing), Pelalawan dan Kampar. Di mana daerah-daerah ini mulai terdampak banjir di beberapa titik sejak sebulan ini.

Selain itu, Edwar menjelaskan, penetapan status siaga darurat banjir di Riau juga merujuk pada laporan BMKG Stasiun Pekanbaru yang telah menyatakan bahwa Riau sudah masuk musim penghujan dengan intensitas curah cukup tinggi.

Sampai sejauh ini, imbuh Edwar, pihaknya terus berupaya untuk melakukan penanggulangan banjir dengan maksimal dan sebaik mungkin. Hingga saat ini koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota masih dilakukan sebagai laporan kondisi terkini di lokasi titik banjir. [izl]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00