Air Mata Pengantin, Objek Wisata Perang Air Cian Cui dan Tanjak Siak Mengantar Riau Raih Prestasi Juara 1

Pariwisata & Budaya  JUM'AT, 23 NOVEMBER 2018 , 09:30:00 WIB | LAPORAN: AZMI KHAIRUL

Air Mata Pengantin, Objek Wisata Perang Air Cian Cui dan Tanjak Siak Mengantar Riau Raih Prestasi Juara 1

Provinsi Riau berhasil menorehkan prestasi Juara 1 dalam berbagai kategori di ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

RMOLRiau. Provinsi Riau berhasil menorehkan prestasi Juara 1 dalam berbagai kategori di ajang  penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata RI di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Kamis (22/11/2018) malam.

Informasi yang diperoleh dari Pembina DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Riau, Osvian Putra, Provinsi Riau mendapatkan penghargaan Juara 1 Kategori Minuman Terpopuler, yakni Air Mata Pengantin dari Kabupaten Inderagiri Hulu. Juga ada Juara 1 Objek Wisata Terpopuler, yakni Perang Air Cian Cui dari Kabupaten Meranti.

"Riau juga dapat Juara 1 Souvenir Paling Menarik berupa Tanjak (Siak) serta Juara 3 Pariwisata Berbasis Halal yakni Festival Gema Muharam (Inderagiri Hilir). Kita tentu bergembira dengan raihan prestasi ini," ungkap Osvian.

Penghargaan-penghargaan tersebut diserahkan secara bergiliran oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana.

API sendiri adalah ajang pariwisata terpopuler Indonesia yang diadakan setiap tahun yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata RI.

Kegiatannya dilakukan dalam bentuk pemberian penghargaan kepada obyek dan tujuan wisata terpopuler di Indonesia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan, dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia, salah satunya melalui media internet.

Ia menilai penilaian yang dilakukan API cukup komprehensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum di-vote.

"Prosesnya banyak melibatkan stakeholder. Dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat " terangnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Panitia API 2018, Hiro Kristianto menjelaskan, sebelum ditentukan penilaian dan pemenang, seluruh daerah di Indonesia mengajukan potensi daerah masing-masing sesuai kategori yang ada. Setelah itu baru dikurasi dengan dukungan saran masukan dari berbagai stakeholder pariwisata. "Kemudian baru dinilai, dinominasikan, dipilih dengan vote dan akhirnya ditetapkan pemenangnya," katanya.

Ia berharap kepada seluruh kabupaten dan kota di Indonesia, dengan adanya anugerah API tersebut dapat semakin giat bersemangat dalam mengembangkan pariwisata di daerahnya masing-masing. [izl]

Prestasi Riau pada API 2018
  • Juara 1 Kategori Minuman Terpopuler: Air Mata Pengantin (Inhu)
  • Juara 1 Objek Wisata Terpopuler: Perang Air Cian Cui (Meranti)
  • Juara 1 Souvenir Paling Menarik: Tanjak (Siak)
  • Juara 3 Pariwisata Berbasis Halal: Festival Gema Muharam (Inhil)


Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00