DPRD Riau akan Cari Jalan Terbaik Terkait Defisit Anggaran

Daerah  SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 16:53:00 WIB | LAPORAN: ARI WIBOWO

DPRD Riau akan Cari Jalan Terbaik Terkait Defisit Anggaran

Septina Primawati

RMOLRiau. Ketua DPRD Provinsi Riau (Septina Primawati) mengaku sudah mengetahui adanya wanti-wanti Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar menghemat anggaran karena kondisi keuangan yang sedang dalam keadaan defisit.

"Dengan keadaan seperti sekarang ini terpaksa harus dilakukan rasionalisasi di semua OPD. Ini kan pendapatan kita ya, karena belanja itu bisa digunakan atas dasar pendapatan. Dan pendapatan kita tahun ini tidak seperti sebelumnya," kata Septina saat dilansir RMOLRiau.com, Selasa (6/11/18).

Septina juga mengatakan, dengan APBD 2019 yang turun dari tahun sebelumnya, yakni dari kisaran Rp 10 triliun dan turun menjadi sekitar Rp8 sampai Rp9 triliun, pihaknya bersama Pemprov Riau akan memikirkan dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengeluarkan surat penting yang isinya membuat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat bingung.

Surat tersebut menyikapi keuangan Pemprov Riau yang mengalami defisit anggaran. Sehingga Pemprov Riau perlu menyikapi dengan melakukan rasionalisasi anggaran. Langkah tersebut juga untuk mengantisipasi terjadinya tunda bayar.

Surat yang ditandatangani Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi ini terdapat tiga poin yang harus dijalankan OPD di lingkup Pemprov Riau.

Pertama, memerintahkan kepala OPD tidak lagi mengeksekusi anggaran program dan kegiatan, kecuali terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat wajib dan mengikat.

Kedua, memerintahkan kepala OPD untuk membuat daftar kegiatan tunda bayar pada Belanja Langsung yang sudah dilaksanakan per 30 Oktober 2018. Ketiga, tunda bayar dimaksud pada poin dua akan dibayar pada tahun anggaran berikutnya. [rht]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00