Pemasangan Girder Dua Flyover di Pekanbaru Digesa

Daerah  JUM'AT, 02 NOVEMBER 2018 , 17:37:00 WIB | LAPORAN: ARI WIBOWO

Pemasangan Girder Dua Flyover di Pekanbaru Digesa

ilustrasi

RMOLRiau. Pembangunan dua flyover yang berlokasi di simpang Mal SKA dan Pasar Pagi Arengka, Kota Pekanbaru terus digesa. Saat ini, fokus pengerjaannya pada pemasangan girder atau baja penopang jembatan.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau, Yunan Aris mengatakan, bahwa realisasi pembangunan flyover Pasar Pagi Arengka, lebih rendah dibanding flyover Simpang SKA. Di mana, realisasi fisik flyover Pasar Pagi Arengka masih di angka 58,002 persen, dari target 62,123 persen.

"Kalau flyover Pasar Pagi Arengka, ada keterlambatan 3,779 persen," kata Yunan di Pekanbaru, Jumat (2/11/18).

Sedangkan, flyover Simpang SKA sudah di angka 74,625 persen dari target 71,245 persen. Artinya, pengerjaan melebihi target sebesar 3,38 persen. "Pengerjaan terus dikebut, dengan target, akhir tahun bisa dilalui," ujar Yunan.

Dijelaskannya, keterlambatan realisasi pembangunan fisik di flyover Pasar Pagi Arengka, karena girder atau baja penyangga jembatan masih dalam proses pengiriman ke Pekanbaru. Saat ini, baru dua girder yang sampai di lokasi. Masih ada 37 girder lagi yang akan datang.

"Tadi pagi datang dua girder. Selebihnya masih dalam perjalanan. Jadi sekarang sudah kita mulai pemasangan girder di flyover Pasar Pagi Arengka," ujarnya.

Menurutnya, girder yang satu unitnya memiliki berat 20 ton itu, dikirim secara bertahap. Untuk flyover Pasar Pagi Arengka ini, membutuhkan 39 girder. "Totalnya ada 39 girder. Jembatan ini ada tiga line. Satunya line itu memerlukan 13 girder," ujar dia.

Jika girder sudah sampai di lokasi kata dia, berarti hanya tinggal pemasangan. "Kalau sekarang, bobot fisik memang sudah 58 persen. Tapi kalau datang semua girder, berarti ada penambahan 40 persen. Karena pengadaan itu saja 40 persen lebih," ujarnya.

Sedangkan girder di Flyover Simpang SKA kata Yunan, sudah berada di lokasi. Bahkan, proses pemasangan girder sudah mulai dilakukan. "Kalau di SKA, sudah 74 persen. Sekarang sudah dalam tahap pemasangan girder," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, kondisi cuaca juga mempengaruhi pengerjaan flyover tersebut. Akan tetapi, hujan yang melanda Pekanbaru, tidak terlalu menghambat pengerjaan. Sebab, pengerjaan fisik utama sudah hampir selesai.

"Terhambat lah sedikit karena hujan. Tapi sekarang tidak terlalu signifikan, karena tinggal pasang girder. Kalau fisik utama, sudah selesai," tutupnya. [rht]

Komentar Pembaca
Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

Saudi Sesalkan Pembakaran Bendera Tauhid

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Warga Pulau Pari Minta Sulaiman Dibebaskan

Warga Pulau Pari Minta Sulaiman Dibebaskan

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 13:00:00