Sekda Riau akan Sampaikan Keberatan Soal Tes CPNS Gunakan CAT UNBK

Daerah  RABU, 10 OKTOBER 2018 , 17:51:00 WIB | LAPORAN: ARI BORIEL

Sekda Riau akan Sampaikan Keberatan Soal Tes CPNS Gunakan CAT UNBK

Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.

RMOLRiau. Pemprov Riau bersama kabupaten/kota se-Riau dalam waktu dekat akan menyampaikan keberatan atas kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) yang menerapkan tes CPNS dengan Computer Asisted Test (CAT) yang menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kemendikbud.


Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi saat dilansir riauhits.com, Rabu (10/10/2018).

"Kita Riau dan kabupaten/kota akan sampaikan keberatan itu dalam waktu dekat. Kita juga sudah berkonsultasi dengan pihak Kantor Regional BKN Pekanbaru terkait itu," katanya.

Karena menurutnya, ketika BKN juga menyebut bahwa CAT dilaksanakan dengan sistem UNBK, maka anggaran pelaksanaan CAT di BKN tak terpakai yang disediakan di BKN.

"Kalau ini dilaksanakan di sekolah, maka anggaran BKN tidak bisa digunakan. Ini adalah persoalan berat. Kalau anggaran ini tidak ada di daerah, ini akan jadi masalah," cakapnya

Sementara itu, Kepala BKD Riau Ikhwan Ridwan mengaku sudah melakukan beberapa kali rapat dengan BKD kabupaten/kota dan BKN membahas persoalan ini.

Hanya saja, BKN belum memberikan keputusan, apakah tetap dilaksanakan sistem CAT UNBK atau CAT BKN.

"Kalau kita intens adakan rapat. Terakhir membicarakan terkait CAT UNBK ini yang memang menjadi keberatan daerah," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini ada 3.000 lebih formasi CPNS di Riau yang tersebar di kabupaten/kota. Sedangkan Pemprov Riau sendiri, tersedia 375 formasi untuk tiga kategori. Yakni 171 untuk tenaga guru, 125 tenaga kesehatan dan 61 tenaga teknis. [rht]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00