#Vaksen Rubella

Ustad Abdul Somad: Pilih Mati atau Babi?

Daerah  KAMIS, 04 OKTOBER 2018 , 14:41:00 WIB | LAPORAN: AZMI KHAIRUL

Ustad Abdul Somad: Pilih Mati atau Babi?

Ustad Abdul Somad

RMOLRiau. Belakangan ini banyak mendapat penolakan dari umat Islam masalah vaksin campak dan rubella karena mengandung unsur babi. Menurut Ustad Abdul Somad, kalau pilihannya babi atau mati, jangan memilih mati.

Apa yang diragukan dan khawatirkan orangtua di Siak, Riau, itu akhirnya diluruskan oleh Ustad Abdul Somad pada acara Tabligh Akbar di Masjid Sultan Ismail Abdul Jalil Jalaluddin Syah, Benteng Hilir, Kecamatan Mempura Siak, Kamis (4/10/2018) siang.

Somad menanggapi pertanyaan dalam secarik kertas yang menanyakan hukum suntik vaksin MR sampai saat ini belum ada yang halal. Sementara di Kabupaten Siak kasus MR ini sudah masuk kategoru darurat.

"Vaksinnya mengandung babi, kalau disuntik babi, kalau tak disuntik mati. Maka mau pilih mana, mati atau babi?," kata Ustad Abdul Somad menjawab.

Kemudian pertanyaan tadi dilengkapi UAS dengan analogi. Ia mengatakan, apabila di dalam hutan tidak ada makanan halal, yang ada hanya babi, ketimbang mati, maka diperbolehkan memakan babi.

"Jangan saat masuk hutan yang ada cuma babi untuk dimakan, tapi karena haram, biar mati kelaparan. Jangan pilih mati, cari babi tadi lalu sajikan dengan yang sudah dibakar dan makan dengan kecap," katanya lagi yang kemudian melengkapinya dengan tambahan dalil yang membenarkan ini karena dalam keadaan darurat.

Jadi kesimpulannya dari jawaban UAS tersebut adalah bawa anak untuk divaksin MR di pusat pelayanan kesehatan masyarakat terdekat. Karena campak dan rubella penyakit menular dan berbahaya. [rht]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00