Suyatno : Mencerminkan Sikap Kenegarawaan

Politik  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 15:05:00 WIB | LAPORAN: ARI WIBOWO

Suyatno : Mencerminkan Sikap Kenegarawaan
RMOLRiau. Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno keputusan dan sikap yang diambil usai Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) belum lama ini, dinilai mencerminkan sikap kenegarawaan. Dalam artian secara terbuka menerima hasil yang ada dengan baik.

Sehingga pasca Pilgubri tidak ada dilayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), yang biasanya banyak dilakukan kontestan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) karena kecewa dengan hasil pemilihan.

"Ini baru pertama kalinya tidak ada gugatan, mengingat di Rohil seperti Pilbub selalu diwarnai dengan gugatan ke MK. Tapi pada Pilgubri kemarin aman, lancar dan damai saja. Saya percaya ini tidak terlepas dari sosok para calon yang ada, mereka adalah pejuang demokrasi yang menjunjung tinggi nilai keadilan. Ini menjadi contoh baik, bagaimana di daerah kita lahir sikap kenegarawanan sejati, yang mengedepankan positif thinking," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Rohil Kasmer Dahlan SIP, Kamis (13/9).

Secara khusus katanya sikap itu terlihat dari apa yang dilakukan bupati Rohil H Suyatno, yang menjadi salah satu kontestan. Begitu hasil pilgubri keluar, beliau menghormati. Tidak ada melakukan perombakan pejabat atau membuat kebijakan tertentu sebagai ekspresi kekecewaan. Melainkan menerima dengan baik.

"Beliau merupakan salah satu kontestan dan menerima dengan baik, hal itu bisa dipandang sebagai sikap kenegarawanan yang menjunjung tinggi nilai keadilan," kata Kasmer. Sikap seperti itu tambahnya hendaknya dapat dijadikan contoh bagi semua pihak terutama yang berkompetisi dalam perpolitikan, karena siapapun yang menang itu semua adalah merupakan hasil pilihan rakyat. [ari]

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00