Bahas Kualitas Pendidikan Dan PPDB, WH Kumpulkan Kepsek

Pendidikan  RABU, 25 JULI 2018 , 19:17:00 WIB | LAPORAN:

Bahas Kualitas Pendidikan Dan PPDB, WH Kumpulkan Kepsek

Istimewa

RMOLBanten. Seratusan lebih Kepala SMA/SMK/SKH wilayah Serang-Cilegon dikumpulkan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) di Aula Inspektorat KP3B, Curug Kota Serang, Rabu (25/7). Ini dilakukan dalam upaya pembinaan dan evaluasi pendidikan di Banten.

Salah satu poin yang dibahas dalam pertemuan itu terkait dengan program pendidikan gratis, sistem komunikasi serta pembangunan pendidikan dengan tujuan Banten lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, WH meminta agar seluruh kepala sekolah mampu memimpin dengan bijaksana, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan gratis yang saat ini sudah tersedia. Sebab pada dasarnya, kata gubernur, pendidikan gratis digunakan untuk meminimalisasi kewajiban-kewajiban masyarakat yang mestinya ditanggung oleh pemerintah.

WH berharap agar murid yang tidak mampu, tidak dipaksakan untuk membayar, terlebih jika sampai mempengaruhi proses pendidikan hingga kelulusan.

"Harus bersama-sama membela masyarakat yang tidak mampu, terlebih jika mereka berprestasi. Saya sangat membela mereka," katanya.

Ia menilai, perlu adanya komunikasi, konsolidasi serta konfirmasi antara kepala sekolah dengan dinas pendidikan dalam merespon penyelenggaraan pendidikan gratis. Sehingga seluruh kebutuhan yang diperlukan dapat dilaporkan dan dapat dianggarkan. Selain itu, ia juga berharap terbangun pula persepsi dan interpretasi yang sama antara kepala sekolah dengan dinas pendidikan, terkait penyelenggaraan pendidikan gratis.

"Berapapun yang anda minta untuk pendidikan, saya akan gelontorkan anggaran tersebut agar sekolah-sekolah yang ada di Banten ini terpenuhi segala kebutuhannya. Untuk pembangunan pendidikan, disiapkan berapapun," jelasnya.

Ia juga berharap Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dapat bekerja lebih efektif dan pihaknya akan bersikap tegas untuk membubarkan jika keefektifan yang diharapkan tidak terlaksana dengan baik. WH juga mengharapkan agar kebijakan yang dibuatnya dapat memuaskan seluruh pihak, mulai dari kepala sekolah, guru dan masyarakat Banten.

Dalam pertemuan dengan pihak sekolah tersebut, WH juga mengingatkan agar proses Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) bisa berjalan dengan baik, serta menghindari kesalahan-kesalahan saat berlangsungnya PPDB, baik sisitemnya maupun SDM penyelenggaranya.
 
"Soal PPDB juga tadi kita ingatkan. Meskipun kan sekarang sudah selesai, masyarakat sudah tenang," ujarnya. [mor]
 

Komentar Pembaca
4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

4 Juta Orang Akan Hadiri Reuni Akbar Mujahid 212

RABU, 28 NOVEMBER 2018 , 21:00:00

Jangan Seret Jokowi Dalam Kasus Kemah Pemuda Islam 2017
Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

Jawaban Jokowi Jadi Olok-Olok

SELASA, 27 NOVEMBER 2018 , 21:00:00